Dwilicious Journal

Its just some simple writing about myworld, computer and software




my oh my, mysql


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...



Hari ini kebetulan aku sedang melakukan servis dan reconfigure server mysql di sebuah bank kecil di Solo. Disini ada dua server, satu sebagai server utama dan satu lagi sebagai server replika. Masalahnya, kedua server tiba-tiba drop. Untuk mengakses database mysql diperlukan waktu yang sangat lama. Berbagai kecurigaan muncul satu per satu, mulai dari switch yang rusak, karena modem speedy dll.

Satu per satu network gear dipreteli, tapi performa mysql tidak juga naik. Saat di cross cek dengan samba pada server yang sama hasilnya ternyata berlawanan. Samba di server bekerja sebagaimana mestinya. Dari situ diambil kesimpulan kalau masalah ada pada server mysql. Googling sebentar,.. coba edit sana edit sini, akhirnya berhasil juga :-)

Masalah teratasi dengan menambahkan --skip-name-resolve pada skrip mysqld (kebetulan paka centos). Katanya kalau ditambah opsi tersebut kita tidak bisa lagi pakai hostname untuk mengakses mysql server, tetapi who cares toh untuk mengaksesnya bisa pakai no IP. Sekarang semua berjalan dengan lancar, hore... :-D
Bisa istirahat makan malam, kemudian lanjutin setup replika yang tiba-tiba ngadat


My Technorati

Dwi Susanto
Dwi Susanto
Create Your Badge

Posting Sebelumnya

Archives

Links


ATOM 0.3
View My Stats