Dwilicious Journal

Its just some simple writing about myworld, computer and software




Say No to "Daging Glonggongan"


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...



Daging glonggongan adalah daging (biasanya sapi) hewan yang sebelum disembelih diberi minum sebanyak-banyaknya sampai lemas. Penyiksaan hewan seperti itu bertujuan untuk menggenjot berat daging dengan air yang di-glonggongkan ke hewan.

Daging glonggongan tidak pantas untuk dikonsumsi. Meskipun secara teoritis bukan bangkai tetapi daging jenis ini telah diharamkan oleh MUI karena dalam proses penyembelihannya terlalu kejam dan tidak berperikebinatangan. Daging jenis "glonggongan" (yg sering disebut sbg daging basah) dijual lebih murah dari daging biasa (daging kering). Selisihnya sekitar Rp. 5000,- tetapi dari segi ekonomis sebetulnya lebih mahal karena 30% dari beratnya adalah air. Selain itu kadar air yang terlalu tinggi juga rentan terinfeksi bakteri penyakit.

Ciri-ciri daging glonggongan adalah berwarna pucat dan biasanya akan berair sampai menetes. Silahkan cek program khusus SCTV sigi yang tersedia dalam SMIL berikut
http://video.liputan6.com/files/progsus/vid/151006bsigi.smil

Percayalah kawan, daging golonggongan adalah produk kejam tidak berperikebinatangan


7 Responses to “Say No to "Daging Glonggongan"”

  1. Anonymous Stina Nordeztam 

    Bo... Menyembelih itu sendiri kalo dilihat dari sudut pandang sapi, jelas-jelas tindakan yang tidak berperikebinatangan karena sakit, dan mati dengan pelan-pelan. Bayangkan, bagaimana sapi akan ziarah ke makam orangtuanya yang telah disembelih, dijual di supermarket dan dibeli oleh 3 keluarga yang berbeda?

  2. Anonymous dwi-keren-yang-tdk-narciz 

    bro, sudah kodrat binatang menjadi santapan makhluk teratas dari rantai makanan (kita) tetapi ada etika dalam pembunuhan binatang. Antara lain, binatang harus diperlakukan dengan baik, tdk disiksa dan dibunuh dengan secepat mungkin. Pakai pisau tumpul aja gak boleh apalagi di glonggong dulu terus dijepreti karo karet gelang sak matine, jelas gak entuk kang :-)
    Yang dimaksud ber perikebinatangan mungkin kaya gitu ya..

  3. Anonymous dez 

    Lalu, kenapa orang begitu ribut sama Sumanto????

  4. Anonymous dwi-keren-yang-tdk-narciz 

    maksudnya apa dez?

  5. Anonymous Kendezdez 

    Sumanto sits on the top of food-chain...Karena dia makan manusia...

  6. Anonymous dwi-keren-yang-tdk-narciz 

    kanibalisme tdk dihitung karena recursive.yang makan sumanto akan berada puncak rantai makanan, begitu seterusnya ingat GNU, PHP, WINNE dkk

  7. Anonymous anulucu 

    @Stina
    sapi ziarah? (garuk garuk...) berarti ada sapi kondangan dong... ada sapi shopping atau ada sapi digerebek kamtib lantaran ML di hotel bersama selingkuhannya..

    Ono ono wae

Leave a Reply

      Convert to boldConvert to italicConvert to link

 


My Technorati

Dwi Susanto
Dwi Susanto
Create Your Badge

Posting Sebelumnya

Archives

Links


ATOM 0.3
View My Stats