Dwilicious Journal

Its just some simple writing about myworld, computer and software




Testing: Desktop BSD


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...




Setelah sekian lama tertunda untuk mencoba beberapa distro BSD (non linux), akhirnya kesampaian juga menginstall DesktopBSD. Instalasi sebetulnya dilakukan di VMWare (karena keterbatasan partisi) dan berjalan dengan sangat lancar. Seperti sepupunya, PCBSD OS ini termasuk mudah diinstall.

Proses instalasi yang saya praktekkan tergolong sederhana. Maksud saya, jika anda ingin mencoba desktopBSD pada PC (asli), anda mungkin perlu untuk menyiapkan beberapa hal. Salah satu yang saya anggap sangat menakutkan bagi pemula adalah pada tahap penyiapan partisi.

Selama ini saya menggunakan satu PC untuk beberapa OS, dan saya berharap semua OS dapat berjalan dengan lancar tanpa saling mengganggu. Saya yakin bagi pemula yang ingin mendalami linux atau BSD, salah satu hal yang mereka takutkan adalah keselamatan "Windows". Sebetulnya ketakutan tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan begitu anda memahami anatomi harddisk. Banyak manual yang bisa anda pelajari (pada kasus saya, manual tersebut didapat dari program-program yang berhubungan dengan partisi harddisk seperti partition magic, BootItNG, dll).

Jika anda pemula, malas menginstall
FreeBSD, ingin mengenal FreeBSD, maka saya yakin anda akan menyukai OS ini. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan antar muka grafis (GUI) tapi sayangnya, paket-paket program yang terinstall masih sedikit jika dibanding FreeBSD. Mungkin saja menginstall paket-paket freeBSD (ports) tapi saya belum yakin karena belum sempat mencoba. Saya dengar PCBSD juga sudah membuat sistem paket baru yang memberi kemudahan instalasi ala windows (PiBi kalau saya tidak salah ingat).

Mengikuti perkembangan TI sepertinya akan sangat menarik, akan banyak barang bagus seperti desktopBSD yang berdatangan seperti variasi solaris dan gnu, darwin, bahkan Mac on x86(sudah ada yg punya iso-nya? bagi dong).


My Technorati

Dwi Susanto
Dwi Susanto
Create Your Badge

Posting Sebelumnya

Archives

Links


ATOM 0.3
View My Stats