Dwilicious Journal

Its just some simple writing about myworld, computer and software




New Born Mesengger--Google Talk

1 comments

Pagi ini seperti biasa browsing, jalan-jalan ke diskusiweb.com dan lihat-lihat posting teman-teman. Salah satunya postingan mas toplez, disana aku pertama kali menemukan info tentang google talk, layanan instant mesengger dari google.
Setelah dapat info langkah selanjutnya aku cari download link-nya, tapi ternyata susah juga. Pencarian di google tidak berjalan dengan mulus (mungkin salah keyword) dan sempat bikin jengkel hingga pencarian dihentikan. Tetapi pada akhirnya google talk ini ketemu juga setelah aku browsing madpenguin.org, ternyata google talk masuk dalam salah satu tulisan disana (lucu juga ya? untuk program yg ada di windows tetapi cepat masuk ke situs yg membicarakan linux). Tanpa banyak tunggu, langsung aja aku kejar link-nya, langsung download (ukuran file setupnya cuma 800-an KB jadi tidak terlalu lama).
Setelah instalasi, akhirnya coba jalankan programnya, setelah mengatur seting proxy aku langsung terhubung dan mengundang mas toplez dan toha. Aplikasinya cukup sederhana, tapi sayang hanya dapat digunakan pemilik account gmail. Aku juga bisa melihat email di inbox gmail saat pertama kali program ini dijalankan.
Secara garis besar aplikasi ini memang belum setingkat dengan yahoo mesengger, tapi cukup memberi suasana baru di dunia instant mesengger. Kalau anda sudah mencobanya, jangan lupa invite saya, id:dwilicious

Thank you sudah baca-baca


Vector Linux Instalation--Partitioning--

2 comments

Hi semuanya, sekarang aku mau share cara mempartisi harddisk dg aman, mudah dan legal (tidak perlu lagi pakai partition magic bajakan, :-) he he... )
Sebelumnya anda mungkin tertarik untuk melihat bagian pembuka, klik disini :-)
Software yg akan kita gunakan adalah Boot It Next Generation (BootItNG) dari terabyteunlimited. Download aja versi trial 30 hari (nggak demo dan berfungsi 100% lho) terus buat CD bootable (dg Iso yg dihasilkan) atau disket bootable (dg image yg dihasilkan). Saya asumsikan semuanya sudah tahu bagaimana membuat CD dan disket Bootable, kalau anda belum tahu caranya silahkan baca manual yg disertakan dalam BootItNG.
Kemudian kita boot PC kita, saya asumsikan anda bisa merubah urutan booting, kalau belum tahu, silahkan baca manual motherboard anda, bagian petunjuk penggunaan BIOS :-)
Setelah anda boot dg BootItNG, klik pilihan working with partition. Kemudian buatlah partisi untuk linux (ext2) dan partisi swap. Langkah ini dilakukan agar instalasi vector linux (atau distro lainnya) lebih mudah. Untuk kasus ini, saya mengurangi partisi kedua dari 4GB menjadi 750 Mb, kemudian menciptakan partisi linux sebesar 3GB dan sisanya sebagai partisi swap (partisi swap +-256 Mb). Ukuran tersebut bisa dikatakan cukup kecil, karena untuk distro besar seperti fedora atau mandriva, ruang 3GB akan terasa sesak setelah instalasi, tapi untuk vector linux ruang itu cukup memadai mengingat kebutuhan vector linux biasanya dibawah 2GB, sedangkan sisa 1 GB dicadangkan untuk update beberapa paket seperti KDE, XFCE, IceWM, dsb. Hasil dari partisi adalah sebagai berikut(jika gambar kurang jelas, tolong didownload dan di zoom dengan pengolah gambar anda)
Sekarang sudah kelihatan partisinya, saya memberi label ke tiap-tiap partisi untuk mempermudah mengenali isinya, partisi vector akan digunakan sebagai partisi root vector linux
Setelah ini tinggal click close, kemudian reboot komputernya, masukkan cd vector linux, kita boot dari CD tersebut dan menginstall vector linux.
Untuk instalasi kita lanjutkan besok saja ya,soalnya aku dah cape nih.
Klik disini untuk pergi ke bagian 1 (Pembuka)
Lain kali mampir lagi ya..


Vector Linux Instalation --Pembuka--

0 comments















Halo semuanya, ini adalah screenshoot Vector Linux. Why Vector linux? well Vector linux berbasis Slackware yg terkenal robust dan Bug Free, ditambah make Over yang memudahkan penggunaan sehari-hari seperti VASM yang memudahkan maintenance, XAMPP untuk latihan coding PHP, Perl, dll. Rencananya mau aku bikin langkah-langkah instalasi. Coba kalian cek Blog ini beberapa hari kedepan (well mungkin beberapa minggu :-) sampai komplit )
Screenshot diatas adalah Lilo-nya Vector linux, keren kan?















Yang ini adalah default desktop KDE. Keren abis ya, bener-bener beda dengan slackware, yang membiarkan segala sesuatunya apa adanya (demi BugFree)

Selain KDE disertakan juga IceWM, tujuannya biar komputer tua tetep ngacir pakai linux.
Screenshootnya ada di bawah














Klik disini untuk menuju bagian 2 (Partitioning)


The Best Antivirus...

0 comments

Sudah sering coba-coba, gonta-ganti, dan lain-lain akhirnya ketemu juga antivirus kesayanganku. Beberapa mungkin sudah pernah denger, tapi belum pernah coba. Namanya NOD32 Antivirus dari Eset
Interfacenya sederhana, performa cukup ringan dan efektifitas deteksi sangat tinggi, terlebih kemampuan heuristic yang sensitif, tapi minimal false positive. Program ini telah diuji pada virus lokal seperti kangen dan riyani jangkaru. Satu-satunya saingan antivirus ini cuma Norman antivirus, tapi hal ini mungkin tidak bisa diperbandingkan, karena norman antivirus memiliki analisator antivirus lokal, berbeda dg NOD32 (mungkin sih) soalnya di vaksin.com selalu menawarkan norman, jadi aku berkesimpulan program tersebut memiliki semacam "perwakilan" disini. Ini adalah screenshot NOD32


My Technorati

Dwi Susanto
Dwi Susanto
Create Your Badge

Posting Terakhir

Archives

Links


ATOM 0.3
View My Stats