Dwilicious Journal

Its just some simple writing about myworld, computer and software




Vector Linux Instalation--Partitioning--


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...



Hi semuanya, sekarang aku mau share cara mempartisi harddisk dg aman, mudah dan legal (tidak perlu lagi pakai partition magic bajakan, :-) he he... )
Sebelumnya anda mungkin tertarik untuk melihat bagian pembuka, klik disini :-)
Software yg akan kita gunakan adalah Boot It Next Generation (BootItNG) dari terabyteunlimited. Download aja versi trial 30 hari (nggak demo dan berfungsi 100% lho) terus buat CD bootable (dg Iso yg dihasilkan) atau disket bootable (dg image yg dihasilkan). Saya asumsikan semuanya sudah tahu bagaimana membuat CD dan disket Bootable, kalau anda belum tahu caranya silahkan baca manual yg disertakan dalam BootItNG.
Kemudian kita boot PC kita, saya asumsikan anda bisa merubah urutan booting, kalau belum tahu, silahkan baca manual motherboard anda, bagian petunjuk penggunaan BIOS :-)
Setelah anda boot dg BootItNG, klik pilihan working with partition. Kemudian buatlah partisi untuk linux (ext2) dan partisi swap. Langkah ini dilakukan agar instalasi vector linux (atau distro lainnya) lebih mudah. Untuk kasus ini, saya mengurangi partisi kedua dari 4GB menjadi 750 Mb, kemudian menciptakan partisi linux sebesar 3GB dan sisanya sebagai partisi swap (partisi swap +-256 Mb). Ukuran tersebut bisa dikatakan cukup kecil, karena untuk distro besar seperti fedora atau mandriva, ruang 3GB akan terasa sesak setelah instalasi, tapi untuk vector linux ruang itu cukup memadai mengingat kebutuhan vector linux biasanya dibawah 2GB, sedangkan sisa 1 GB dicadangkan untuk update beberapa paket seperti KDE, XFCE, IceWM, dsb. Hasil dari partisi adalah sebagai berikut(jika gambar kurang jelas, tolong didownload dan di zoom dengan pengolah gambar anda)
Sekarang sudah kelihatan partisinya, saya memberi label ke tiap-tiap partisi untuk mempermudah mengenali isinya, partisi vector akan digunakan sebagai partisi root vector linux
Setelah ini tinggal click close, kemudian reboot komputernya, masukkan cd vector linux, kita boot dari CD tersebut dan menginstall vector linux.
Untuk instalasi kita lanjutkan besok saja ya,soalnya aku dah cape nih.
Klik disini untuk pergi ke bagian 1 (Pembuka)
Lain kali mampir lagi ya..


2 Responses to “Vector Linux Instalation--Partitioning--”

  1. Anonymous sakawsurf 

    vektor linux ada cfdisk kan ??? kenapa gak pake itu aja bos, interface hampir sama, sama ada pilihan swapnya juga, kalo gak salah pas pilih type ada yg no 82 (linux swap)

  2. Blogger Dwilicious 

    Iya sih, tapi untuk pemakai awam sya rasa BootItNG lebih suitable, karena selain tersedia versi trial, program ini relatif mudah digunakan dan memiliki fitur dan tingkat keamanan data yang lebih baik.

Leave a Reply

      Convert to boldConvert to italicConvert to link

 


My Technorati

Dwi Susanto
Dwi Susanto
Create Your Badge

Posting Sebelumnya

Archives

Links


ATOM 0.3
View My Stats